Afiliasi dari berbagai komunitas yang secara intens menggali dan mengembangkan strategi-taktik perang Sun Tzu, Jiang Zi Ya, Sun Bin, Zhuge Liang, Pang Tong, Cao-Cao, Zhao Yun, Sima Yi, Qi Ji Guang, Mao Zedong, Gengis Khan, Subutai, Kuribayashi, Isoroku Yamamoto, Tomoyuki Yamashita, Yosua, Leonidas, Miltiades, Alexander Agung, Hannibal, Julius Caesar, Mochtar At Tsaqafi, Khalid ibn al-Walid, Shalahuddin Al Ayyubi, Mehmed II, Suleiman I, Mustafa Kemal, Sudirman, Hasan Nasrallah dan lain-lain.

Bagaimana Menerapkan Strategi 8 : Perbaiki Jalur Utama, Menyelinap Melalui Jalur Rahasia?



Istilah lain dari Strategi ini adalah “Secara rahasia pergunakan lintasan Chen Chang”. Gunakan sebuah cara yang pasti untuk menyerang musuh (hal ini sebenarnya pengelabuan). Di saat yang bersamaan, gunakan suatu cara tersembunyi yang tidak diketahui musuh. Cara yang ini sebenarnya adalah cara sesungguhnya. Ketika musuh berhasil dikelabui, gunakan serangan dadakan menggunakan cara tersembunyi sehingga musuh bisa dihancurkan. Dalam penjelasan lain dikatakan, Serang musuh dengan dua kekuatan konvergen. Yang pertama adalah serangan langsung, sesuatu yang sangat jelas dan membuat musuh mempersiapkan pertahanannya. Yang kedua secara tidak langsung, sebuah serangan yang menakutkan, musuh tidak mengira dan membagi kekuatannya sehingga pada saat-saat terakhir mengalami kebingungan dan kemalangan.




Studi kasus sangat penting untuk lebih memahami bagaimana strategi dan taktik ini dapat diterapkan. 

Studi Kasus Peperangan I



Di akhir masa Dinasti Qin, terjadi pemberontakkan di berbagai tempat. Pemberontak yang paling besar adalah seseorang bernama Xiang Yu. Pemberontak yang lain dipaksa oleh Xiang Yu untuk meninggalkan Shanxi untuk mengincar posisi sebagai Raja Hanzong. Tidak terima akan hal ini, Liu Bang kemudian meninggalkan Shanxi sambil menghancurkan jalan yang dilaluinya untuk melumpuhkan Xiang Yu. Pada tahun 206 SM, Liu Bang menjadi jauh lebih kuat. Ia mengirimkan tentaranya untukmembangun kembali jalan yang telah dia hancurkan.


Ketika Xiang Yu tahu kalau Liu Bang membangun jalan kembali, dia menjadi sangat khawatir dan mengirim tiap-tiap pasukannya ke jalur-jalur strategis yang mungkin saja bisa dijadikan jalan oleh Liu Bang untuk menyerang Xiang Yu. Han Xin, seorang jenderal militer bawahan Liu Bang menyadari mengenai penempatan pasukan-pasukan Xiang Yu di lokasi-lokasi strategis sepanjang jalan. Dia kemudian memberikan nasihat kepada Liu Bang untuk berpura-pura membangun jalan, sementara Han Xin mengambil jalur memutar melalui Chenchang untuk menyerang pasukan Xiang Yu. Pasukan Xiang Yu yang terkejut dengan serangan Han Xin hancur akibat serangan tersebut.

Studi Kasus Peperangan II

Periode Muromachi Jepang

Pada tahun 1560 salah satu panglima perang terbesar di Jepang, Oda Nobunaga, yang masih merupakan komandan kecil, membawa pasukannya dari 2.000 orang untuk menghentikan serangan dari panglima perang saingan Imagawa Yoshimoto. Meskipun Nobunaga kalah jumlah dua belas banding satu, dia mulai bersenandung. Pengintai Nobunaga melaporkan bahwa Imagawa sedang beristirahat pasukannya di sebuah desa yang terletak di dekat ngarai sempit yang Nobunaga tahu akan ideal untuk serangan mendadak.

Pengintai selanjutnya melaporkan bahwa pasukan Imagawa sedang merayakan dan melihat kepala yang diambil dalam pertempuran sebelumnya. Nobunaga menyusun tipuan berikut. Dia berkemah agak jauh dari desa. Dia menempatkan banyak bendera dan memasang dummies jerami untuk memberi kesan bahwa tuan rumah besar telah tiba. Pasukan Imagawa dengan demikian mengharapkan sebuah serangan datang dari arah perkemahan musuh. Sementara pasukan Nobunaga diam-diam melakukan pawai paksa dalam lingkaran lebar agar bisa keluar dari belakang perkemahan Imagawa. Cuaca menyukai rencana Nobunaga di penghujung hari dimana hujan lebat. Dengan memanfaatkan cuaca buruk, pasukan Nobunaga melancarkan serangan mendadak dari belakang. Begitu tak disangka-sangka, serangan Imagawa ini pertama kali dipikirkan bahwa ada tawuran di antara pasukannya sendiri. Baru ketika dia melihat dua musuh Samurai yang menengok ke arahnya, dia sadar dia sedang diserang. Kesadaran datang terlambat dan Imagawa dipenggal kepalanya dan pasukannya bertebaran. Pertempuran berlangsung hanya beberapa menit tapi itu membuat reputasi Oda Nobunaga dan dia dengan cepat bangkit saat dia menjadi salah satu panglima perang terbesar di Jepang.





Studi Kasus Bisnis


Di Hongkong, sebuah toko yang mengkonsentrasikan dirinya pada pembuatan lem, melakukan promosi barangnya dengan cara yang unik. Si pemilik toko lem tersebut merekatkan kepingan emas seharga ribuan dollar Hongkong pada dinding menggunakan lem yang perusahaannya buat. Si pemilik toko membuat pengumuman, barangsiapa yang bisa mencabut kepingan emas tersebut dari dinding, bisa memiliki kepingan emasnya.


Semua orang berkerumun dan mencoba untuk mencabut kepingan emas tersebut satu persatu. Tidak ada satupun yang mampu menarik kepingan emas tersebut. Hingga akhirnya datang seorang guru Chi Kung (Qi Gong) yang berusaha mencabut kepingan emas tersebut. Namun ternyata kepingan emas tersebut tetap tidak berhasil dicabut. Setelah peristiwa tersebut, lem dari toko tersebut laris manis dijual di  pasaran.  



Bagaimana Mengaplikasikan Strategi dan Taktik ini?


  1. Tahu posisi.  Itu penting, kenali posisi diri dan posisi pihak lain.
  2. Putuskan hubungan atau sesuatu yang bisa menghubungkan diri kita dan pihak lain.  Secara psikologis hal ini akan membuat pihak lain percaya bahwa kita bukan ancaman, sekaligus juga meminimalisir serangan secara frontal ke diri kita.
  3. Gunakan kesempatan ini untuk membangun kekuatan dan mencari terobosan lain tanpa sepengetahuan pihak lawan.
  4. Jika kondisi kita sudah siap, bangun kembali sesuatu yang menghubungkan kita dengan pihak lawan.  Pastikan pihak lawan fokus memperhatikan usaha kita yang serius untuk membangun kembali jalinan yang mengubungkan kita dengan mereka.  Lalu secara diam-diam kita memindahkan kekuatan melalui jalan lain tanpa sepengetahuan mereka.
  5. Jika lawan sudah terperdaya dengan umpan itu, kita kepung dari belakang dengan kekuatan yang tak terduga.

    Anda mungkin dapat menambahkannya, silahkan dikomentari !

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

MKRdezign

y

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh Nikada. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget