Afiliasi dari berbagai komunitas yang secara intens menggali dan mengembangkan strategi-taktik perang Sun Tzu, Jiang Zi Ya, Sun Bin, Zhuge Liang, Pang Tong, Cao-Cao, Zhao Yun, Sima Yi, Qi Ji Guang, Mao Zedong, Gengis Khan, Subutai, Kuribayashi, Isoroku Yamamoto, Tomoyuki Yamashita, Yosua, Leonidas, Miltiades, Alexander Agung, Hannibal, Julius Caesar, Mochtar At Tsaqafi, Khalid ibn al-Walid, Shalahuddin Al Ayyubi, Mehmed II, Suleiman I, Mustafa Kemal, Sudirman, Hasan Nasrallah dan lain-lain.

Bagaimana Menerapkan Strategi 18 : Untuk Dapat Mengalahkan Musuh, Tangkap Pemimpinnya?

ika tentara musuh kuat, namun terikat oleh pemimpinnya karena hal-hal yang bersifat takhayul, uang atau ancaman, maka tujukan serangan hanya kepada pemimpinnya saja. Jika pasukan seperti ini terbunuh pemimpinnya maka tentaranya akan kucar-kacir, atau bergabung dengan tentara kita




Jika tentara musuh kuat, namun terikat oleh pemimpinnya karena hal-hal yang bersifat takhayul, uang atau ancaman, maka tujukan serangan hanya kepada pemimpinnya saja. Jika pasukan seperti ini terbunuh pemimpinnya maka tentaranya akan kucar-kacir, atau bergabung dengan tentara kita.

Tetapi jika tentara terikat kepada pemimpinnya dikarenakan kesetiaan dan pemimpinnya terbunuh terlebih dahulu, maka hati-hati tentara musuh mungkin saja akan melanjutkan pertempuran demi pembalasan dendam setelah kematiannya. Jadi poin kuncinya adalah Kalahkan musuh dengan menangkap pemimpinnya.  Ini tentu tidak mudah, apalagi jika pemimpinnya sangat dicintai dan disegani bawahannya.  Mereka tentu akan melindungi sedemikian rupa sehingga sulit terjangkau.  Maka gunakan akal untuk dapat menangkapnya.






Studi Kasus Perang 



Pada tahun 756M, pemimpin pemberontak Yin Ziqi mengomandani sekitar 100.000 pasukannya untuk menyerang kota strategis Suiyang. Zhan Xun, Jenderal Dinasti Tang yang bertugas mempertahankan kota berhasil menggagalkan serangan selama 10 kali. Pada suatu malam, Zhang Xun keluar dari benteng pertahanan kota Suiyang dan menyerang perkemahan pasukan Yin Ziqi. Mereka berhasil membunuh banyak prajurit dan perwira, sayangnya mereka tidak berhasil menangkap Yin Ziqi.

Supaya Yin Ziqi terpancing keluar, Zhang Xun memerintahkan pasukannya untuk memanah musuh menggunakan kayu wangi (panah palsu) sebagai anak panah. Anak buah Yin Ziqi kemudian melapor kepada Yin Ziqi sendiri dan menyimpulkan kalau pasukan Zhang Xun kehabisan panah. Setelah Yin Ziqi keluar dari perkemahan, Zhang Xun melihat sebuah kesempatan untuk menghentikan pemberontakan selamanya. Dia kemudian menyuruh salah seorang tentaranya pemanah yang paling handal  untuk memanah Yin Ziqi menggunakan panah asli. Panah tersebut meluncur dan berhasil menancap di mata kiri Yin Ziqi. Pasukannya langsung kalang kabut melihat peristiwa tersebut. Sejak peristiwa tersebut, pemberontakan berhasil dipadamkan dalam waktu singkat.

(***)

Contoh lainnya adalah Strategi Perang Teluk Amerika yang pertama adalah menghapus perintah dan komunikasi pusat melalui serangan udara.



Studi Kasus Politik

Bagaimana menerapkan dalam strategi ini dalam bidang politik? Saya ingin katakan bahwa Strategi dan taktik ini justru paling sering digunakan dalam bidang politik. Hal ini berdasarkan pengalaman saya menganalisa perhelatan politik di Indonesia. Dalam kontestasi politik, strategi ini sangat efektif digunakan. Untuk dapat mengumpulkan konstituen, biasanya seorang kandidat atau Juru Kampanyenya akan mendekati orang-orang yang berpengaruh. Hanya cukup dengan mendekati atau "melumpuhkan" petinggi organisasi, kelompok, komunitas atau kepala keluarga tertentu. Jika kepalanya sudah mengikut, diasumsikan bahwa badan dan ekornya pasti mengikut. Jika itu terjadi, maka itulah kemenangan Anda. Seperti itu kira-kira penjelasannya.


Studi Kasus Bisnis


Banyak orang tua selalu merayakan ulang tahun anaknya di Mc Donald. Mc Donald juga menyiapkan Mc Donald seperti taman bermain dan membuat anak-anak betah berada di sana. Saat ulang tahun, anak-anak didampingi oleh seorang pegawai Mc Donald yang terlatih sehingga suasananya sangat disenangi orang tua dan anak. Dengan melakukan hal ini, Mc Donald berhasil mendapatkan konsumen yang stabil dan keuntungan yang besar. Dengan menggunakan strategi dan taktik ini, Mc Donald sampai kini dapat bertahan dalam "kekalahan bisnis".

Pendekatan "lima cara" Toyota untuk menemukan akar permasalahan yang paling penting juga merupakan contoh penerapan strategi dan taktik ini.


Bagaimana Kita Mengaplikasikan Strategi Ini?


  1. Untuk dapat mengalahkan musuh kita harus dapat menangkap pemimpinnya.
  2. Jika pemimpin tidak disukai anak buahnya tentu hal ini lebih mudah, karena kita bisa memanfaatkan situasi itu, tetapi jika pemimpin sangat disegani anak buahnya tentu pemimpin akan dilindungi sedemikian rupa sehingga diperlukan akal untuk memancingnya.
  3. Tipu daya mereka dengan suatu tanda seakan-akan kita kalah. Perhatikan tingkah laku anak buahnya, pasti mereka akan menyampaikan berita gembira tersebut kepada pemimpinnya.  Buntuti mereka kemana perginya.  Tanpa sengaja mereka telah menunjukkan lokasi pemimpinnya.
  4. Jika target sudah dapat ditentukan dan momentnya sudah siap maka segera serang dan tangkap pemimpinnya.

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

MKRdezign

y

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh Nikada. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget