Afiliasi dari berbagai komunitas yang secara intens menggali dan mengembangkan strategi-taktik perang Sun Tzu, Jiang Zi Ya, Sun Bin, Zhuge Liang, Pang Tong, Cao-Cao, Zhao Yun, Sima Yi, Qi Ji Guang, Mao Zedong, Gengis Khan, Subutai, Kuribayashi, Isoroku Yamamoto, Tomoyuki Yamashita, Yosua, Leonidas, Miltiades, Alexander Agung, Hannibal, Julius Caesar, Mochtar At Tsaqafi, Khalid ibn al-Walid, Shalahuddin Al Ayyubi, Mehmed II, Suleiman I, Mustafa Kemal, Sudirman, Hasan Nasrallah dan lain-lain.

Bagaimana Menerapkan Strategi 12 : Menggiring Kambing Sambil Lewat?

Telitilah setiap kesalahan sekecil apapun di sisi musuh. Buatlah kelalaian musuh menjadi keuntungan kita. Melalui peluang sekecil apapun, carilah kesempatan untuk memenangkan peperangan. Jadilah fleksibel





Telitilah setiap kesalahan sekecil apapun di sisi musuh. Buatlah kelalaian musuh menjadi keuntungan kita. Melalui peluang sekecil apapun, carilah kesempatan untuk memenangkan peperangan. Jadilah fleksibel.




Studi Kasus Peperangan I


Pada tahun 627 SM, Bangsawan Mu dari Qin memerintahkan kepada Meng Mingshi untuk melakukan serangan mendadak kepada Negara Zheng. Xuan Gao seorang pedagang dari Zheng mendapati tentara Qin ingin menyerang Negara Zheng ketika tentara Qin berada di negeri Hua. Ia kemudian pergi ke perkemahan tentara Qin dan berpura-pura sebagai utusan negerinya.

Melalui keterangan dari Xuan Gao, Meng Mingshi menyimpulkan kalau negara Zheng siap bertempur dan membatalkan serangan. Meng Mingshi mengubah sasarannya ke Negeri Hua karena tentara Qin sedang berada di negara tersebut. Pasukan negara Hua yang tidak siap dengan serangan dadakan berhasil dikalahkan dalam waktu singkat.


Studi Kasus Peperangan II

Kisah Dinasti Yuan Cina


Selama hari-hari terakhir dinasti Yuan, pemberontakan pecah di seluruh kekaisaran. Awalnya ada beberapa pesaing yang ingin menjadi yang pertama menemukan sebuah dinasti baru pada jatuhnya rumah Yuan yang akan segera terjadi, namun lapangannya menyempit menjadi dua; Chu Yuan-Chang dan Chen Yifu. Kedua tentara tersebut bertemu di Danau Poyang dimana sebuah pertunangan angkatan laut akan berlangsung. Jenderal Chen mendapat keuntungan dari kedua tentara dan kapal. Kapal-kapalnya besar dan kokoh dan dia menyuruh mereka berbaris di sisi seberang seluruh hamparan danau. Dia kemudian memiliki kapal-kapal yang digabungkan dengan rantai besi sehingga bisa menciptakan penghalang yang tak tertembus. Jenderal Chu mengirim kapalnya untuk menyerang tapi mereka dikalahkan karena gagal menerobos barisan polisi. Beruntung bagi Chu keesokan harinya badai barat laut yang keras mulai meniup. Karena armada Chen terletak di arah angin sepoi-sepoi, Chu mengambil keuntungan dari situasi tersebut untuk meluncurkan kilang ke penghalang. Segera pasukan Chen sangat marah untuk menyelamatkan kapal mereka dari badai dan api yang meninggi, yang mengipasi keemasan yang kencang akibat angin. Mengambil keuntungan dari kepanikan dan kebingungan yang terjadi, Chu meluncurkan armadanya sendiri ke dalam serangan tersebut dan mereka benar-benar mengalahkan pasukan Chen. Sebuah panah melalui matanya membunuh Jenderal Chen sementara Jenderal Chu menjadi pendiri Dinasti Ming.
  



Studi Kasus Bisnis


Saus tomat adalah salah satu penganan penting dan saus favorit di Jepang. Di antara perusahaan penghasil saus tomat, Morinaga dan Kagome merupakan 2 pesaing terbesar. Setelah persaingan selama bertahun-tahun, ternyata penjualan saus tomat merk kagome 3 kali lipat jauh lebih besar dari morinaga. Setelah dilakukan survey dan penyelidikan, diketahui kalau orang Jepang lebih menyukai Kagome karena mulut botol Kagome lebih besar sehingga bisa dikeluarkan dengan menggunakan sendok. Setelah mengetahui hal ini, Morinaga mengubah botol tomatnya menjadi mulut besar dan mendapatkan porsi pasar yang lebih besar.
Pfizer sedang bereksperimen dengan obat penelitian untuk mencegah penyempitan pembuluh darah. Namun, selama percobaan subjek manusia, Pfizer menemukan efek samping yang tak terduga dan dapat dipasarkan, yang kemudian menjadi Viagra (pengobatan disfungsi ereksi).
Penemu Jepang Momofuku Ando melihat bahwa orang-orang menunggu dalam antrean panjang untuk membeli sup mi sebagai sarapan pagi. Ia menyadari bahwa mie restoran terasa enak, tapi butuh waktu tunggu lebih lama dan harganya mahal. Mie kemasan murah, tapi tidak enak dan butuh waktu terlalu lama untuk memasak. Dia memikirkan mie dengan tas rempah-rempah yang bisa dimasak dengan hanya air panas. Dengan kata lain, Ia memanfaatkan strategi mengggiring kambing sambil lewat.

Bagaimana Menerapkan Strategi dan Taktik ini?


  1. Manfaatkan peluang yang ada sebaik-baiknya karena belum tentu peluang itu datang dua kali.
  2. Fleksibel dalam mengambil sikap dan tindakan tanpa kehilangan fokus pada rencana.
  3. Gunakan akal untuk menjatuhkan mental lawan.
  4. Provokasi lawan, pancing kemarahannya. Lawan yang terpancing emosinya cenderung bertindak gegabah tanpa perhitungan dan nalar. 
  5. Pancing juga pihak lawan bahwa mereka akan memperoleh sesuatu yang berharga jika mengalahkan kita. Tentu ini tindakan yang sangat nekat tapi dengan pertimbangan bahwa pihak lawan mentalnya sedang down.  Keinginan untuk menang dan pengalaman kalah sebelumnya tentu akan menciptakan kegalauan di pihak mereka.  Apalagi jika ditambah pemimpin mereka memerintahkan untuk mundur itu akan menciptakan kepanikan baru yang menyulitkan. 
  6. Serang lawan saat mereka panik, mental menurun atau bertengkar antar sesama mereka sendiri.

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

MKRdezign

y

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh Nikada. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget